Kram Perut Saat Haid dan Solusi Efektif Mengurangi Kram



Jongkoherbal.com – Lumrahnya untuk wanita dewasa akan mengalami haid dalam kehidupannya. Siklus haid normal adalah 1 bulan sekali, diluar itu bisa terjadi bahkan bisa lebih cepat (naju) atau lebih lambat (mundur) dari jadwal biasanya.

Haid adalah proses kontraksi dirahim untuk mengeluarkan darah. Saat haid tidak bisa dipungkiri adanya timbul rasa sakit yang timbul. Tingkat keparahan kram tergantung pada kadar prostaglandin, yaitu senyawa molekul yang dihasilkan oleh lapisan rahim.

Apa penyebab lainnya saat terjadi kram perut saat haid?

Endometriosis
Endometrium adalah sebuah lapisan yang bertugas untuk melindungi rahim, dan letaknya seharusnya di dalam rahim. Namun pada penyakit endometriosis, lapisan tersebut justru berada di luar. Hal inilah yang membuat perut menjadi kram saat haid.
Fibroid uterus
Fibroid uterus merupakan salah satu jenis tumor jinak, namun tidak berisiko menjadi kanker. Daging yang tumbuh inilah yang dapat menjadi penyebab kram perut. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini juga bisa menjadi ganas.
Pelvic Inflammatory disease (PID) atau Radang panggul
Penyakit ini adalah peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri yang ditularkan secara seksual. Jika terjadi peradangan pada panggul Anda, hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya kram saat Anda menstruasi.
Mulut rahim yang sempit
Sebagian wanita memiliki mulut rahim yang cukup sempit. Hal ini kemudian menghalangi keluarnya darah saat Anda haid, dan inilah yang menyebabkan terjadinya kram.

Bagaimana cara solusi efektif mengurangi kram ini?

Mungkin cara berikut dapat efektif untuk mengurangi kram saat haid :

1.Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)
2.Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
3.Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi
4.Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit
5.Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
6.Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.

Obat-obatan yang digunakan harus atas pengawasan dokter. Boleh minum analgetik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat terutama yang mengandung antara lain asam mefenamat, ibuprofen, diclofenac sodium atau naproxenen dalam komposisi obat, asal dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari.


Konsultasikan dengan dokter

Jika kram saat haid berlangsung lebih dari 3hari, sebaiknya anda hubungi dan konsultasikan dengan dokter terdekat.

Kami menyediakan Tisu Manjakani yang manfaat salah satunya adalah menstabilkan pH asam organ intim wanita. Produk berbentuk tisu yang penggunaanya sangat mudah dan bisa dibawa kemana-mana.

Untuk keterangan lebih lengkap, silahkan Lihat DISINI atau hubungi kami di SMS / WA (No Tlp) : 0857-2082-7760 & BBM : 5C7A96BA

(Visited 34 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *